Adakah di dunia ini yang benar-benar tahu apa yang akan terjadi esok hari. Bahkan seseorang berilmu yang jika semua pengetahuan yang terekam oleh otaknya ditulis dengan tinta sebanyak air di bumi pun tak akan pernah mampu memprediksi 100 persen dengan benar apa yang akan terjadi satu menit setelah ia selesai memikirkan prediksinya. Dan itu keterbatasan manusia.

Namun, dengan begitu seseorang tak bisa hanya pasrah dengan apa yang akan terjadi besok. Seseorang harus mampu membuat planning/rencana untuk hari-harinya esok. Untuk terhindar dari kegagalan dan rencananya dikemudian hari, perlu adanya perencanaan cerdas yang tentunya diperlukan ilmu cukup sebagai pengarahnya.

Dan untuk mendapatkan ilmu-ilmu itu perlu belajar, baik secara formil maupun non formil. Jika seorang pencuri saja butuh ilmu mencuri untuk melancarkan aksi bejatnya, lalu apakah mungkin untuk melakukan hal-hal baik esok hari tak membutuhkan ilmu. Emangnya kita manusia baik apaan?

Namun jika segala perencaan yang telah dianggap matang ternyata membuahkan hasil yang kurang memuaskan atau bahkan tak berbuah sama sekali maka seseorang (mungkin salah satunya adalah kita) perlu bersabar. Bersabar berarti tabah dan teguh menghadapi persaingan dalam memperjuangkan suatu cita-cita. Mungkin di luar sana, di pelbagai penjuru dunia bahkan beberapa meter kita duduk saat ini ada seseorang bercita-cita sama yang membuat kita perlu bersaing lebih ketat. Perlu berencana lebih cerdas dan lebih matang dan membuat lebih sadar bahwa hidup butuh persaingan.

Dan satu catatan yang perlu diingat adalah bahwa di dunia ini segala kemungkinan bisa terjadi bahkan yang tanpa prediksi. Maka, dari itu jadilah yang tegar jiwanya dan kuat raganya sehingga jika suatu saat musibah menimpa dapat segera bangkit untuk berbenah, lalu bersiaplah untuk kemungkinan yang akan terjadi esok hari. Bersamalah teman tuk merasakan senang dan bersamalah Tuhan tuk merasakan ketenangan.

اتصل بي

Email : me@mjamzuri.com
  : mjinstitute@gmail.com
  : mjamzuri@waag-azhar.or.id
Phone : 081585993344
  : 085286363344